Presiden China, Xi Jinping

LITERASI-ONLINE.COM, CHINA - Presiden China Xi Jinping terpilih kembali sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China untuk periode ketiga, Minggu (23/10/2022). .

Dengan sendirinya Xi Jinping kembali menjabat Presiden China untuk periode ketiga.

Kongres Partai Komunis China yang ke-20 rampung pada akhir pekan ini. Kongres tersebut berlangsung sejak Minggu (16/10/2022) lalu.

Terpilihnya Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China untuk ketiga kalinya menjadikan pria ini sebagai penguasa paling kuat di China sejak Mao Zedong. 

Xi Jinping yang kini berusia 69 tahun juga kembali diangkat sebagai Ketua Komisi Militer Pusat. 

Setelah terpilih kembali sebagai sekretaris jenderal, Xi Jinping mengumumkan nama-nama yang mengisi jabatan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China yang beranggotakan tujuh orang. 

Komite Tetap Politbiro, yang juga dipimpin Xi, akan menentukan jalan pembangunan China dalam lima tahun ke depan. 

Ketujuh orang itu terdiri atas Xi Jinping sendiri, Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Cai Qi, Ding Xuexiang, dan Li Xi. 

Orang-orang yang mengisi jabatan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China disebut-sebut  memiliki kesetiaan dan dekat dengan Xi Jinping. 

Beberapa pengamat dan peneliti menyoroti terpilihnya Xi Jinping untuk periode ketiga sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis sekaligus Presiden China tiga periode. 

Willy Lim, peneliti di lembaga think tank AS Jamestown Foundation menilai, hal ini sebagai kemenangan yang tidak normal untuk satu faksi, yang jarang terjadi dalam tradisi Partai Komunis China.


Baca juga